MENGENAL DIGITAL MARKETING

foto: pixabay.com

    Istilah Digital Marketing saat ini terdengar begitu populer, baik dalam perbincangan antar teman, seminar para pakar pemasaran maupun di pembahasan artikel berita maupun sosial media. Berbagai perusahaanpun berlomba lomba untuk membuat shifting (perubahan) dalam sistem pemasarannya, yang tadinya berbasis pemasaran konvensional menjadi pemasaran berbasis digital, pun begitu dengan tenaga kerja yang mempunyai keahlian di digital marketing, banyak dicari dan dibutuhkan oleh perusahaan untuk mendukung perkembangan strategi bisnisnya.

      Di era digital ini, pemasar lewat media digital memang sangat penting. pencari suatu produk misalnya, tidak perlu lagi mencari informasi melalui yellow pages untuk mendapatkan informasi/nomor telpon yang dibutuhkan untuk mendapatkan produk tersebut, tapi cukup dengan melihat ke smartphone untuk searching produk yang dicarinya. jadi.....

Apa itu Digital Marketing?

     Digital marketing adalah pemasaran produk maupun jasa yang dilakukan dengan menggunakan media digital. Tujuan dari pemasaran ini adalah untuk menjangkau sebanyak-banyaknya customer yang menjadi target secara efisien, efektif, personal dan relevan. pemasaran digital ini memadukan teknik serta pengetahuan dalam psikologi pasar dan teknologi. Tidak seperti pemasaran tradisional yang memasang iklan lewat baliho, pemasaran digital ini menggunakan berbagai platform digital sebagai media pemasarannya.

     Kita perlu mengetahui terlebih dahulu strategi maupun cara apa saja yang termasuk dalam praktik digital marketing. Mari kita ketahui apa saja kategorinya.

Kategori Digital Marketing

Ada beberapa  kategori yang termasuk dalam digital marketing, berikut masing masing kategorinya dan juga penjelasannya


SEO

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, yaitu usaha optimasi website agar memperoleh peringkat bagus dari mesin telusur semacam google. Tujuannya agar website lebih mudah ditemukan pengguna internet yang sedang mengakses mesin telusur atau searching.

SEO terbagi menjadi dua, yaitu On page SEO dan off page SEO. 
On Page SEO adalah suatu faktor yang dapat mempengaruhi page rank. Semakin baik optimasi yang dilakukan, maka semakin besar juga peluang halaman situs ditampilkan di halaman pertama penelusuran mesin pencari.
Apabila situs ditampilkan di halaman pertama hasil pencarian, tentunya peluang situs atau web kita dikunjungi akan semakin besar. yang makin besar pula peluang produk/jasa kita dibeli oleh calon konsumen.

Off Page SEO adalah hal yang mengacu pada faktor-faktor yang tidak berhubungan dengan halaman website. seperti link building, back linking. Off page SEO pada dasarnya memberi tahu mesin pencari seperti google bagaimana pendapat pengunjung mengenai website anda yang dapat membantu website menjadi otoritas dengan meningkatkan visibilitas. Teknik ini juga membuat pengunjung menyebut brand anda dan menautkannya ke konten website anda.

SEM

SEM adalah singkatan dari Search Engine Marketing yang berarti bentuk pemasaran di internet melalui kegiatan promosi website dengan cara meningkatkan visibilitas website itu sendiri di halaman hasil pencarian mesin telusur semacam google. SEM ini mencakup taktik SEO.

CONTENT MARKETING

Content marketing adalah cara pemasaran yang difokuskan pada pembuatan dan pendistribusian konten. Konten yang seperti apa sih? konten yang sifatnya relevan dan konsisten agar bisa menarik dan mempertahankan audiens. Audiens yang seperti apa? Audiens yang telah ditetapkan sebagai target dari produk/jasa kita. tujuannya yaitu untuk mendorong tindakan pelanggan untuk membuat keputusan pembelian atau membuat persepsi positif terhadap produk/jasa.

Intinya segala media butuh konten atau isi pesan yang bisa meningkatkan ketertarikan pasar sehingga mereka mau bertransaksi bahkan loyal kepada produsen. 

SMM

SMM adalah Social Media Marketing, yaitu salah satu hal yang bisa anda lakukan di internet untuk bisnis anda. Social Media Marketing dapat menguntungkan tanpa henti dan hampir semua bisnis memahami pentingnya berinvestasi dalam jenis digital marketing yang satu ini. Youtube, Facebook, Instagram dan twitter menjadi social media yang banyak digunakan pada pemasar digital.

EMAIL MARKETING

Pemasaran yang dilakukan melalui email sebagai medianya, menjangkau target yang diinformasikan mengenai produk atau jasa yang ingin kita persepsikan kepada calon konsumen.

PPC

PPC merupakan singkatan dari Pay Per Click. PPC ini merupakan metode beriklan di internet yang populer, dimana pengiklan (advertiser) hanya membayar jika ada yang klik iklannya. Selain PPC, ada juga metode PPM (Pay Per Miles/Impression) yaitu bayar per kemunculan (biasanya per 1.000 kali kemunculan).
Contoh PPC adalah Adwords dari google.
























Komentar

  1. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer