6 cara Mengatasi Anak Demam, Persiapkan Selalu Thermometer

pixabay

Kondisi cuaca ataupun ketika kondisi daya tahan tubuh sedang menurun, bisa membuat buah hati Demam. Pada anak yang sehat, demam biasa bukanlah menjadi masalah yang perlu di khawatirkan. Demam bisa menjadi tanda bahwa tubuh sedang berusaha untuk melawan infeksi yang ingin menyerang anak, dan tidak semua demam juga harus diobati ke dokter. Kadang demam anak dengan pengobatan di rumah saja sudah cukup, namun, apabila demam tinggi maka perlu ditanyakan dan diperiksakan ke dokter. untuk itu, thermometer haruslah tersedia dirumah untuk membantu memantau berapa suhu anak ketika sedang mengalami demam.

Bagaimana mengatasi demam anak?
Anak dapat dikatakan sedang demam jika suhu tubuhnya ketika diperiksa dengan thermometer mencapai angka 37c atau lebih. Biasanya suhu tubuh anak akan turun naik di saat demam, bisa pagi adem kemudian di malam hari demam.

Disaat demam, sebagai orangtua perlu mempersiapkan tindakan pertama sebagai upaya untuk menurunkan demam anak. beberapa demam bisa diatasi dengan perawatan di rumah, tidak perlu sampai membawa ke dokter.

Berikut hal-hal yang perlu dilakukan di rumah ketika anak demam:
1. Kompres dengan air hangat
mengompres dengan air hangat merupakan salah satu cara yang sering dilakukan orang tua untuk dapat membantu menurunkan demam pada anak. dan ini merupakan cara yang sudah sering dilakukan oleh orang tua kita. sebenarnya hal ini dilakukan untuk menurunkan demam yang bersifat sementara.

2. Bantu Panas tubuh anak cepat keluar
Hal ini dapat dilakukan dengan cara memakaikan pakaian ke anak yang menutupi seluruh tubuhnya. tidak harus memakaikan pakaian yang tebal, namun cukup dengan pakaian yang agak tipis namun tertutup. dan selimuti anak. pakaian yang lebih tipis dapat membantu panas dari dalam tubuh keluar lebih mudah. 

3. Minum air yang banyak
Tidak perlu langsung banyak dalam sekali minum, sedikit tapi lebih sering lebih baik dilakukan. cara ini dapat membantu tubuh untuk lebih cepat mengeluarkan suhu panas yang ada dalam tubuh sekaligus mencegah anak dari dehidrasi.

4, Mandi dengan air hangat
Mandi dengan air hangat (29,4-32,2c) dianggap dapat membantu mengatasi demam anak. air hangat yang mengenai kulit anak ketika mandi akan membantu mendinginkan tubuh dan membuat suhu tubuh anak sedikkit menurun (1-2c selama 30-45 menit). 

5. Makan yang banyak
Asupan nutrisi yang lebih banyak di saat demam dapat membantu anak lebih cepat sembuh, karena tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak di saat demam. semakin tinggi demam anak, maka semakin besar pula kebutuhan gizi anak.

6. Pantau selalu suhu tubuh
Untuk lebih memonitor kenaikan atau penurunan suhu tubuh anak ketika demam, maka selalu periksa suhu tubuhnya secara berkala dengan thermometer. Disarankan menggunakan thermometer digital yang akurat dan cepat hasilnya. sehingga suhu tubuh anak ketika demam dapat selalu diketahui perkembangannya. dan bila demam anak sangat tinggi dan lebih dari tiga hari, maka sebaiknya periksakan ke dokter.

Gunakan thermometer digital infrared yang contactless, cukup dekatkan 3-5 cm hasilnya akan cepat terlihat dalam 1 detik.

untuk informasi mengenai thermometer digital
klik disini

Komentar

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q.ME
    paling diminati di Indonesia,
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-Q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    ~sakong
    ~aduQ
    ~capsa susun
    ~perang baccarat (new game)
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
    Whatshapp : +85515373217

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer