Apa itu Dry Intrusion dan Bagaimana menghadapinya?

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) dalam berita Kompas menjelaskan bahwa Indonesia tengah menghadapi dry instrusion atau intrusi udara kering. Pulau Jawa adalah wilayah paling terdampak, jika dilihat dari citra satelit untuk mendeteksi water vapour di atmosfer, Pulau Jawa dikelilingi warna cokelat yang di artikan sebagai paparan udara kering.

Dry Intrusion adalah masuknya udara yang bersifat dingin dari Australia ke Indonesia. Hal ini dikarenakan Australia saat ini sedang mengalami musim dingin. Musim dingin di Australia terjadi mulai bulan Juli hingga September mendatang. yang dirasakan saat ini adalah adanya fenomena udara dingin pada malam hari yang dirasakan pada malam menjelang dini hari berkebalikan dengan suhu pada saat siang hari yang panas menyengat sebagai akibat dari Dry Intrusion.

Jika di cermati dari laporan cuaca BMKG terkini, pada malam hari, suhu udara di Pulau Jawa bisa mencapai 14 derajat celcius. Di dataran tinggi, seperti di daerah Dieng, suhu bahkan sempat mencapai minus 5 derajat dan membuat wilayah tersebut sempat di selimuti es. Sementara pada siang harinya, suhu naik menjadi hingga 30 derajat celcius.

Berikut tips menghadapi perubahan suhu dry intrusion:
1. Usahakan gunakan pakai baju hangat saat malam, supaya cairan tidak tersedot dan akhirnya bikin cepat keriput.

2. Saat siang dianjurkan untuk memakai baju longgar yang terbuat dari katun, agar keringat terserap. Jika baju basah karena keringat, jangan terus memakainya hingga kering. Segeralah berganti baju agar bakteri dan jamur tidak berkembang biak.

3. Gunakan pelembab/tabir surya
Pelembab ataupun tabir surya sangat bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang menyebabkan kulit menjadi lebih gelap, bersisik, kering dan kusam. selain itu juga dapat mempertahankan air dan minyak alami yang tersembunyi dibawah kulit agar kondisi kulit tetap lembab, terhindar dari dehidrasi yang dapat menyebabkan iritasi kulit.

4. Makan asupan buah yang banyak mengandung air, seperti semangka dan melon.
Manfaat buah melon sebagai buah yang mempunyai kandungan kalium yang tinggi membantu memperlancar aliran darah. selain itu mengandung vitamin c dan kaya akan kandungan vitamin B66. Buah semangka mengandung 92% air dan elektrolit yang sangat baik untuk menghidrasi tubuh agar tidak kena dehidrasi. dan selain itu semangka juga bermanfaat untuk membantu menstabilnya suhu tubuh dalam cuaca panas yang menyengat.
dari berbagai sumber

Komentar

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionpk.biz ^_$
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer