Cara Membuat Hand Sanitizer Cairan Antiseptik



Gambar oleh offthelefteye dari Pixabay 

Maraknya informasi mengenai serangan virus Corona atau Covid19 menggugah kesadaran masyarakat untuk lebih menjaga kebersihan dan juga melindungi diri dari bahaya tertularnya virus yang sudah melanda lebih dari 60 negara di dunia dan menimbulkan kematian lebih dari 4000 jiwa.

Salah satu pencegahannya selain menggunakan masker bagi yang sakit, adalah dengan menggunakan hand sanitizer atau sabun pencuci tangan yang berfungsi sebagai antiseptik, yaitu cairan yang dapat membunuh bakteri2 maupun virus. Namun kendala lain muncul seiring banyaknya orang yang mencari dan membeli hand sanitizer baik dalam jumlah sedikit untuk dipakai sendiri, maupun dalam jumlah banyak. Sehingga harga cairan antiseptik pencuci tangan menjadi mahal. Untuk mensiasatinya, berikut kami berikan tips untuk membuat hand sanitizer (cairan antiseptik pencuci tangan) yang sesuai dengan standar WHO (World Health Organization). 


Hand sanitizer berbentuk GelBahan-bahan:Etanol teknis 96% Aloe Vera Gelessence jeruk (atau bisa juga menggunakan air perasan jeruk nipis)


Cara membuatnya:Tuangkan 80 ml etanol teknis ke dalam wadah (gelas kaca)masukkan 30ml aloe vera gel ke dalam wadah etanol teknis, aduk rata hingga homogen (menyatu atau larut)kemudian masukkan air perasan jeruk nipis, aduk rata hingga homogen.tuangkan ke dalam botol yang telah disiapkan.dan hand sanitizer sudah siap untuk digunakan.


Hand Sanitizer liquidBahan-bahanAlkohol 96%Hydrogen piroxida 3%Gliserol 80%air mawar (bisa dibeli di toko kosmetik)


Cara membuatnya:tuangkan 80ml alkohol ke wadah kacamasukkan hydrogen piroxida 3% sebanyak 7ml ke wadah yang ada alkoholnya tersebut, aduk sampai homogen.Tambahkan air mawar hingga menjadi 100mlMasukkan ke botol yang telah disiapkanDiamkan pada suhu ruang selama 72 jam baru digunakan.

Usahakan dalam proses pembuatan menggunakan sarung tangan karet, untuk menghindari terpercik cairan kimia.


Biasakan mencuci tangan, makan asupan yang bergizi dan minum air putih dan minum vitamin.Semoga kita semua diberi kesehatan dan masyarakat dunia dibebaskan dari virus yang mematikan ini. Semoga badai cepat berlalu

Komentar

  1. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~ :))

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer